SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Year, Month, Day | Date Function | Current Date & Time | Hour, Minute, Second | Time Function

Kali ini kita akan mempelajari fungsi Date dan Time di Microsoft Excel, untuk menginputkan tanggal di Microsoft Excel gunakan karakter “/” dan “-” sedangkan untuk waktu gunakan karakter “:” (colon). Tanggal dan Waktu dapat di inputkan dalam 1 cell secara bersamaan seperti contoh berikut :

Format Tanggal dan Waktu di Microsoft Excel

Year, Month, Day


Untuk mendapatkan tahun dalam tanggal gunakan fungsi Year, untuk mendapatkan bulan gunakan fungsi Month, dan untuk mendapatkan hari gunakan Day. Lihat contoh dibawah ini :

Fungsi YEAR, MONTH dan DAY

Fungsi Date


Kita dapat menambahkan jumlah hari, bulan dan tahun pada tipe data tanggal di Microsoft Excel, seperti contoh dibawah ini menambahkan 1 hari pada tanggal yang tersedia :

Untuk menambahkan pada setiap hari, bulan dan tahun pada tanggal kita gunakan fungsi Date, seperti contoh dibawah ini :

Tambah hari, bulan dan tahun pada tanggal

Current Date & Time


Untuk mendapatkan tanggal dan waktu saat ini dari komputer kita gunakan fungsi NOW() di Microsoft Excel.

Mendapatkan tanggal dan waktu saat ini

Hour, Minute & Second


Fungsi hour digunakan untuk mendapatkan jam, fungsi minute digunakan untuk mendapatkan menit, dan fungsi second untuk mendapatkan detik. Perhatikan contoh berikut:

Fungsi Time

Untuk menambahkan jam, menit, dan detik pada waktu tertentu kita dapat menggunakan fungsi TIME di Microsoft Excel, perhatikan contoh berikut :

Menambahkan Jam, Menit, dan Detik pada waktu

Untuk mengubah format tanggal ke dalam bentuk teks, seperti misalnya 08/05/2019 menjadi 08 Mei 2019 kita menggunakan Fungsi Text, anda dapat mempelajarinya pada materi sebelumnya Fungsi Text Excel Untuk Memformat Angka, Tanggal dan Waktu

Download

date & time.xls
(Visited 661 times, 3 visits today)