SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Salam sehat untuk kita semua, baru mulai menulis lagi saya di tahun ini, setelah bertahun-tahun vakum dalam dunia penulisan artikel, hehe. Sebelumnya saya ceritakan dahulu bagaimana bisa saya nyatakan Windows 11 ini bisa bikin Laptop / PC anda jadi lemot. Saya membeli Laptop Acer Swift 3 dengan Proccessor AMD Ryzen 5, RAM 20 Gb, SSD 256 Gb, system operasi Windows 10 Original. Saat menggunakan system operasi Windows 10 laptop masih bertenaga dengan berbagai macam kegiatan yang saya lakukan seperti editing, programing, streaming, rendering dll.

Windows 11 Start Menu

Setelah kemunculan Windows 11, system operasi windows 10 saya mendapatkan notifikasi bahwa bisa mendapatkan upgrade Windows 11 secara gratis dari Microsoft. Tak berfikir panjang dan mencari informasi tentang Windows 11 saya langsung saja lakukan upgrade tersebut secara online, dan inilah kesalahan saya.

Upgrade berhasil dengan sukses tanpa masalah, namun Laptop mulai menunjukan gejala yang tidak normal terutama pada suhu laptop yang cenderung tinggi padahal tidak digunakan untuk kegiatan yang berat. Saya pikir ini normal jadi saya biarkan saja, namun setelah saya gunakan untuk kegiatan rendering suhu laptop semakin tinggi dan akhirnya hang karena terlalu panas. Dan menyesal pun tak ada gunanya.

Browsing, searching pengalaman orang lain di internet yang sudah menggunakan Windows 11 pun saya lakukan, dan alhasil semua merasa kecewa dengan performa Windows 11. Berikut beberapa gambaran kelemahan Windows 11 yang saya rangkum dari beberapa sumber :

  1. Start Menu
    Start menu Windows 11 berada ditengah sedangkan seperti biasa seluruh system operasi windows sebelum windows 11 ini posisi start menu selalu berada di sebelah kiri
  2. Search Menu
    Search menu di Windows 11 sudah di pisahkan dari Start Menu, yang biasanya search menu berada dalam start menu pada windows versi sebelumnya.
  3. Dark Mode
    Dark mode atau mode gelap banyak di sukai para pengguna komputer karena dapat mengurangi kelelahan pada mata, dan kerusakan mata. Namun pada windows 11 dark mode nya malah lebih berwarna
  4. Tidak Support Pada Komputer Jadul
    • 4 GB RAM
    • 64 GB or more than 64 GB is needed
    • 1 GHz or faster with 2 or more cores on a compatible 64- bit processor system is required
    • 2.0 version TPM requires
  5. Waktu booting
    Waktu booting windows 10 lebih cepat dari pada waktu boooting windows 11
  6. Task Manager
    Pada windows versi sebelumnya task manager dapat di buka melalui klik kanan pada taskbar, namun pada windows 11 task manager dapat di buka dengan klik kanan pada Tombol Start Menu.
  7. Drag And Drop di TaskBar
    Pada versi windows sebelumnya file apikasi dapat di buka dengan cara drag and drop pada aplikasi yang terbuka di taskbar, pada versi windows 11 cara tersebut sudah dihilangkan
  8. Terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang
    Salah satu penyebab lemot dan panasnya laptop / pc saat menggunakan Windows 11 adalah terlalu banyaknya aplikasi yang dijalankan windows 11 di latar belakang.

Begitulah sekelumit tentang pengalaman saya menggunakan Windows 11 sampai saat ini, bagi anda yang masih menggunakan windows 10, urungkan niat anda untuk upgrade ke windows 11 saat ini, karena windows 11 belum begitu baik. Mungkin nanti ketika Windows 11 sudah benar-benar ready.

(Visited 214 times, 1 visits today)