SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah angka buatan perusahaan Software Microsoft yang sudah sangat familiar di kalangan pengguna Komputer berbasis sistem operasi Windows. Mempelajari Microsoft Excel tidak lepas dari mengenal dan mempelajari memasukan rumus excel. Rumus excel sejatinya adalah persamaan yang digunakan untuk melakukan perhitungan pada nilai dalam lembar kerja (worksheet) anda. Menuliskan rumus excel dimulai dengan tanda sama dengan (=), sebagai contoh rumus berikut menghitung penjumlahan antara 3 dan 1.
=3+1

Rumus excel juga bisa memuat : fungsi, refrensi, operator, dan konstanta.

Penjelasan :

  1. Fungsi: disertakan dengan Excel, fungsi adalah rumus rekayasa yang memuat penghitungan tertentu. Misalnya, fungsi PI() mengembalikan nilai pi: 3,142. Fungsi SUM() dan lain-lain.
  2. Referensi: merujuk pada rentang sel atau sel individu. A2 mengembalikan nilai di sel A2.
  3. Konstanta: nilai angka atau teks yang langsung dimasukkan ke dalam rumus, seperti 2.
  4. Operator: Operator ^ (sisipan) memangkatkan angka, dan operator * (tanda bintang) mengalikan angka. Gunakan + dan – untuk menambahkan dan mengurangi nilai, serta / untuk membagi.

Beberapa fungsi memerlukan suatu hal yang disebut argumen. Argumen adalah nilai yang digunakan oleh fungsi tertentu untuk melakukan penghitungan. Saat diperlukan, argumen diletakkan di antara tanda kurung () fungsi. Fungsi PI tidak memerlukan argumen apa pun, itulah mengapa argumen kosong. Beberapa fungsi memerlukan satu argumen atau lebih, dan dapat menyisakan ruang untuk argumen tambahan. Anda harus menggunakan koma untuk memisahkan argumen, atau titik koma (;), tergantung pada pengaturan lokasi dan bahasa di komputer anda.

Fungsi SUM misalnya, hanya memerlukan satu argumen, namun dapat memuat total hingga 255 argumen.

=SUM(A1:A10) adalah contoh argumen tunggal.

=SUM(A1:A10, C1:C10) adalah contoh beberapa argumen.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

two + two =