SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Internet bukanlah hal asing lagi, semua orang kapan saja dimana saja dapat menikmati jaringan internet. Berbagai ISP (Internet Services Provider) Seluler di Indonesia banyak menawarkan pilihan paket internet dengan berbagai ragam harga dan keunggulan. Anda sebagai user (pengguna) pandai-pandailah memilih dan menggunakan paket internet yang mereka tawarkan.

Kelebihan dan Kekurangan Paket Internet Seluler :

Kelebihan :

  1. Dapat digunakan dimana saja dan kapan saja
  2. Tidak menggunakan kabel sebagai penghubung.

Kekurangan :

  1. Harga paket yang terbilang mahal
  2. Kecepatan dibatasi
  3. Menggunakan sistem kuota

Bagi kami paket internet seluler saat ini belum bisa sepenuhnya memuaskan pengguna internet Indonesia. Apalagi dengan menggunakan sistem kuota yang jelas-jelas mempermainkan pengguna internet dan mencari keuntungan sebesar-sebesarnya. Jangan langsung tergiur dengan paket Internet yang ditawarkan oleh ISP seluler, apalagi anda sebagai pengguna Internet yang awam terhadap hal tersebut. Contoh sebuah ISP menawarkan Paket Internet  :

Paket Internet Seluler

 

Dari contoh diatas terlihat bahwa anda ditawarkan bonus paket 1,5 GB, jangan senang dahulu biasanya bonus yang diberikan mempunyai syarat dan ketentuan. Bonus biasanya hanya bisa dipakai pada jam 00.00 s/d jam 06.00 WIB, pertanyaannya adalah apakah anda akan menggunakan internet pada jam tersebut. Kebanyakan orang pada jam tersebut istirahat (tidur). Dan lihat begitu pintarnya ISP seluler mengambil strategi marketingnya. Jangan pernah tergiur dengan paket internet yang masih menggunakan sistem kuota, 600 Mb atau 4 Gb sekalipun karena tidak sampai tiga hari kuota tersebut akan habis terpakai, kecuali anda tidak menggunakannya hanya digunakan untuk aplikasi Messenger seperti BBM, WhatsUp dan lain-lain. Jika anda menggunakan paket internet anda hanya untuk aktifitas tersebut maka tiga bulan saja dengan kuota 4GB tidak akan habis.

Berikut adalah tips bagi anda untuk memilih paket internet seluler.

  1. Tentukan kebutuhan anda terlebih dahulu, apakah internet anda hanya digunakan untuk Aplikasi Messenger atau anda menggunakan internet untuk kegiatan Browsing, Uploading, Downloading, Streaming.
  2. Pilih Jaringan kartu seluler anda yang stabil signal dan koneksi internetnya
  3. Pilih paket termurah dan stabil jika anda hanya gunakan untuk Aplikasi Messenger, Facebook, Twitter atau yang sejenisnya
  4. Pilih paket Unlimited (tanpa batasan apapun) dan Stabil jika anda menggunakan untuk aktifitas yang lebih berat  ( Browsing, Uploading, Downloading, Streaming. )
  5. Matikan koneksi data pada smartphone anda pada saat anda mengisi ulang pulsa dan belum terdaftar paket internet. Karena jika tidak anda matikan, maka sekejap pulsa yang baru anda isi akan habis.
  6. Gunakan jaringan seluler hanya untuk mobilitas aktifitas anda saja saat diluar, Jika anda berada dirumah gunakan koneksi ISP jaringan ADSL seperti Indihome telkomsel atau speedy.

Tips diatas hanya sebagai referensi anda untuk menghemat pengeluaran anda dari pembelian pulsa smartphone anda. Tapi jika anda memiliki uang yang tidak habis-habis, atau penghasilan anda yang besar, atau dengan kata lain anda orang kaya hiraukan saja tips diatas.

Karena seyogyanya bagi kami pemerintah menyediakan layanan internet yang murah dan cepat, karena di sisi positif nya internet membuka gerbang wawasan bagi siapa saja yang menggunakannya secara bijak dan benar. Kemajuan saat ini yang telah dicapai bangsa Indonesia tidak luput dari andilnya Internet dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Semoga bermanfaat.

(Visited 16 times, 1 visits today)