SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Excel VBA (Visual Basic Application) adalah nama dari bahasa pemrograman Excel yang menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Dengan menggunakan Excel VBA anda dapat membuat pekerjaan anda di Excel menjadi otomatis, dengan menuliskan kode yang disebut dengan macro. Sebenarnya sangatlah mudah membuat aplikasi dengan VBA Excel jika anda sebelumnya telah menguasai Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0, karena secara keseluruhan Macro Excel menggunakan bahasa Pemrograman Visual Basic. Namun jangan khawatir jika anda belum pernah mempelajarinya, namun mempunyai keinginan kuat untuk mempelajarinya, apa saja bisa terjadi. Pada pembahasan kali ini saya akan memperkenalkan bagaimana cara membuat kode program macro excel sederhana.
Langkah pertama yang anda lakukan sebelum memulai Macro Excel adalah mengaktifkan Tab Developer di Microsoft Excel dengan cara :

  1. Klik menu Office disebelah kiri pojok atas Microsoft Excel, dan klik Excel Options
    Excel Option Menu
  2. Akan tampil jendela Excel Options, disebelah kiri klik menu Popular. Cek List pilihan Show Developer Tab In The Ribbon. Klik OK
    Show Tab Developer Excel
  3. Dan lihat sekarang pada menu Tab di Microsoft Excel anda telah bertambah Tab Developer.
    Tab Developer Excel

Membuat Tombol dan Dialog Pesan di VBA Macro Excel

Untuk pertama kali, kita akan mencoba membuat sebuah tombol aplikasi yang jika di tekan akan menampilkan pesan “Hello World”.

  1. Pada Menu Tab Developer Klik Insert
  2. Pilihlah Control Command Button Pada ActiveX Control Group
    ActiveX Control Group
  3. Drag Command Button Tersebut Secara Perlahan di Worksheet anda sehingga membentuk sebuah tombol.
    command button
    Dan lihat sekarang ada sudah berhasil membuat satu tombol Aplikasi, namun tombol tersebut belum mempunyai fungsi apa-apa jika ditekan karena kita belum menuliskan kode didalamnya.

Menuliskan Macro di Command Button

Agar tombol tersebut dapat berfungsi, kita perlu menuliskan kode macro didalamnya dengan cara :

  1. Klik kanan pada tombol tersebut, dan pilih menu View Code
    view code menu excel
  2. Akan tampil jendela Macro VBA, yang langsung terarah pada perintah CommandButton1_Click, yang berarti perintah yang akan kita tulis didalamnya akan dijalankan pada saat tombol tersebut di klik.
    VBA Code View Window
  3. CommandButton1_Click tersebut didalam pemrograman VBA disebut sebagai sebuah Event, cobalah tuliskan rumus dibawah ini pada Event CommandButton1_Click.
    Hello Word Excel VBA
  4. Tutup Visual Basic Editor anda. Dan Non Aktifkan Design Mode
    Design Mode Excel Control
  5. Dan coba klik Tombol yang telah kita buat tadi, hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :
    Hello World

Baiklah sekian dahulu Step By Step VBA Macro Excel (Step 1) dan akan kita lanjutkan pada Step By Step VBA Macro Excel (Step 2).

Semoga Bermanfaat.

(Visited 538 times, 1 visits today)