SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Alhamdulillah hari ini pukul 21:30 email smppgrisatubdl@gmail.com telah pulih kembali. Kami berhasil mendapatkan kembali hak akses email tersebut dari tangan orang-orang yang tak bertanggung jawab. Dengan tanpa rasa putus asa kami coba terus untuk merebut kembali email yang memang sudah serharusnya menjadi hak kami. Dengan slogan jika memang hak kami maka akan kembali kepada kami. Berikut kronologinya, pada tanggal 24 Februari 2015 email recovery smppgrisatubdl@gmail.com mendapat pesan yang datang dari google, memberitahukan bahwa password email, email recovery, nomor handphone telah di ganti. Tidak sampai disitu saja, sang pembajak pun mengaktifkan fitur 2 step verification email google yang mengharuskan seseorang untuk login dengan kode verifikasi tambahan yang di kirim ke nomor handphone yang tercantum dalam email. Hal tersebut terjadi begitu cepat sehingga kami tak mampu segera menyelamatkan akun tersebut. Langkah pertama yang kami lakukan adalah dengan mengikuti peraturan Gmail mengenai recovery akun email yang di bajak, berikut langkah-langkahnya :

Coba login.

Cobalah untuk login seperti biasa untuk menampilkan opsi yang ditawarkan oleh google (Didn’t change your password?). Klik link tersebut untuk mengakses ke langkah-langkah recovery email.

steprecovery1Memulai Tahap Penyelamatan

Akan tampil informasi bahwa fitur gmail (2 step verification) telah di aktifkan, dan 3 opsi penyelamatan akun email. Untuk opsi pertama dan kedua tidak bisa digunakan jika email recovery dan nomor hanphone telah di ganti. Gunakanlah opsi ketiga (i didn’t enable 2-step verification) klik tombol continue.

steprecovery2

Mengisi Form

Selanjutnya mengisi form verifikasi kepemilikan akun gmail, dan isi dengan data yang sebenar-benarnya. Jika data yang anda masukan tidaklah benar maka jangan berharap akun email anda akan dapat kembali ke tangan anda. Data yang di isi pada formulir pertama adalah kapan waktu terakhir anda login ke akun gmail anda (bulan, tanggal dan tahun), kapan waktu anda membuat akun email pertama kali (bulan dan tahun).

steprecovery3

Formulir yang kedua mengharuskan kita untuk mengisi 5 alamat email dalam kontak yang sering kita kirim email (pengisian kontak email yang asal-asalan tidak akan mengembalikan akun). Kemudian isi label email yang telah anda buat (ingat jika anda tidak pernah membuat label, jangan coba-coba mengisi dengan asal-asalan). Terakhir adalah isi alamat email recovery yang anda masukan kedalam akun email yang telah di bajak sebelumnya.

steprecovery4

Formulir yang ketiga (terakhir) adalah mengharuskan kita mengisi waktu kapan anda menggunakan 4 product google dengan benar (Android, Calender, Gmail dan Hangouts), isi waktu penggunaan pertama kali keempat product tersebut.

Kesimpulan

Jika anda lupa kapan waktu-waktu yang digunakan dalam pengisian formulir recovery akun gmail maka dapat dipastikan akun anda tidak dapat kembali lagi, jika anda salah memasukan kontak-kontak email yang sering anda kirim email juga sudah dapat dipastikan akun gmail anda tidak dapat kembali lagi ke tangan anda. Intinya semua formulir recovery akun gmail harus di isi dengan data yang sebenar-benarnya, Insya Allah akun gmail anda akan anda dapatkan kembali.

Fakta

Akun gmail rentan terhadap pembajakan, artinya anda harus ekstra memberikan pengamanan akun email anda seperti dengan mengaktifkan 2-step verification.

Setelah mempelajari dari hasil rekam jejak google, ternyata pembajak email smppgrisatubdl@gmail.com berasal dari Indonesia, yang pada awalnya kami berfikir pembajaknya berasal dari luar negeri.

Pembajak adalah manusia (bukan robot) terbukti dari beberapa history yang google tampilkan akun gmail telah di pakai berulang-ulang kali untuk login pada waktu yang berbeda-beda.

Nomor handphone yang tercantum menguatkan bukti bahwa pembajak berasal dari Indonesia dengan nomor yang di awali dengan 0882- yang merupakan operator kartu SMARTFREN. Dan begitu kami cek no. Handphone tersebut aktif dan di miliki oleh seorang wanita. Kami tidak langsung menilai bahwa wanita tersebut lah yang membajak email, karena bisa saja orang lain menggunakan nomor tersebut. Tetapi bisa juga wanita tersebut yang telah membajak email kami, atau orang-orang yang ada di dekatnya. Namun apapun itu, yang terpenting adalah email kami telah kembali. Karena banyak kerugian yang harus ditanggung seseorang jika kehilangan akunnya.

Semoga ini dapat bermanfaat bagi pengunjung setia smppgrisatubdl.com, dan menjadi pelajaran bagi kita semua untuk memperhatikan memperioritaskan tingkat keamanan akun. Dan untuk para pembajak yang hebat-hebat di luar sana, gunakanlah kepintaran anda untuk sesuatu yang dapat berguna bagi orang banyak dan menghasilkan berkah buat anda, daripada harus menyusahkan orang. Sekali lagi terima kasih untuk google yang telah mengembalikan akun gmail kami, dan tetap terus tingkatkan fitur-fitur keamanan Gmail. Sukses Selalu untuk Google!.

(Visited 88 times, 1 visits today)