SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Pengertian Sistem Operasi (Operating System)

Ibaratkan sebuah tubuh manusia tanpa jiwa, maka tubuh manusia itu tak akan ada gunanya. Karena tidak ada sebuah sistem yang mengatur dan menjalankan semua fungsi tubuh. Jiwa manusia kita ibaratkan sebagai perangkat lunak pada sistem komputer karena tidak dapat diraih namun dapat dirasakan keberadaan dan kegunaanya.Dalam istilah komputer Sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang mengatur semua sumber daya dalam komputer, serta sebagai penghubung antara manusia (Brainware) dan perangkat keras komputer (Hardware). Jadi perangkat komputer hanyalah seonggok sampah yang tidak berguna jika tidak terdapat perangkat lunak didalamnya. Secara umum berikut adalah tugas dari sistem operasi :

  1. Sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak aplikasi (software)
  2. Sebagai tempat bernaungnya semua program aplikasi
  3. Mengatur sistem kerja dalam komputer

Jenis Sistem Operasi (Operating System)

Ada banyak sekali jenis-jenis sistem operasi saat ini, dengan masing-masing kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah daftar jenis-jenis sistem operasi yang ada pada saat ini :

Microsoft Windows

Sistem operasi ini merupakan buatan raksasa software Microsoft, contohnya adalah Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 10

Mac OS X

Sistem Operasi ini adalah milik perangkat termahal Apple, yang juga merupakan saingan terberat dari Microsoft Windows.

Chrome OS

Sistem Operasi ini adalah sistem operasi buatan Google, sistem operasi ini menitik beratkan pada sebuah aplikasi Web Browser Chrome.

Desktop Linux

Desktop Linux adalah sistem operasi yang bersifat gratis (free) anda dapat memilikinya bahkan anda dapat mengembangkannya sendiri sesuka hati anda.

Android

Android juga merupakan sistem operasi besutan Google namun pada awalnya Android ditujukan untuk perangkat Smartphone saat ini, namun seiring perkembangannya Android juga dapat di implementasikan pada sebuah Komputer (PC). Dan saat ini Android adalah sistem operasi yang paling populer di seluruh dunia.

(Visited 118 times, 1 visits today)