SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Sebelum mengenal lebih jauh tentang peralatan teknologi informasi dan komunikasi, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi), kumpulan pesan atau sekumpulan data yang saling terkait dan telah diproses secara kompleks. Sebagai contoh informasi yang ditampilkan pada madding sekolah adalah sekumpulan data yang telah diproses oleh pembuat madding untuk di sampaikan kepada orang lain. Sehingga informasi bisa dikatakan sebagai pengetahuan yang didapat dari pembelajaran, pengamatan, pengalaman dan instruksi. Berikut ilustrasi alur proses informasi sederhana :

Alur Proses Informasi

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dengan berbagai bentuk, komunikasi verbal atau komunikasi non verbal, atau penggabungan verbal dan nonverbal. Contoh komunikasi verbal yaitu kata-kata baik lisan maupun tulisan. Contoh komunikasi nonverbal adalah gerakan badan yang menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, atau mengangkat bahu. Komunikasi juga bisa dikatakan sebagai saling memberi dan saling menerima informasi.

Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan (kombinasi teknik ilmiah dan material) untuk memenuhi tujuan atau memecahkan suatu masalah.

Dari penjelasan tersebut diatas Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sekumpulan data yang diproses menggunakan peralatan dan ilmu pengetahuan demi menghasilkan informasi dan digunakan untuk berkomunikasi.

Beberapa peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini antara lain adalah Faximile, Komputer, Netbook, Notebook, Tablet, Smartphone, Handphone, Koran, Majalah, Radio, Televisi, Telephone, Satelite. Dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi dunia terasa menjadi semakin kecil, manusia dapat berkomunikasi dan menerima informasi darimana saja dan kapan saja.

 

(Visited 212 times, 1 visits today)