SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Fungsi And
Fungsi And adalah fungsi yang akan bernilai benar jika semua pernyataan didalamnya bernilai benar, dan akan bernilai salah jika semua pernyataan salah. Contoh :and function 1Dari contoh diatas terlihat bahwa jika pernyataan terpenuhi maka hasil dari fungsi adalah Benar, namun jika seandainya salah satu nilai N1, N2, atau N3 diganti dengan nilai yang tidak memenuhi pernyataan maka hasilnya adalah salah. Contoh N2 akan diganti dengan 6, maka hasilnya adalah salah.

and function 2Fungsi And mempunyai rumus umum And([logical1];[logical2];……) untuk tanda [ dan ] tidak perlu di tulis dalam rumus, tanda tersebut hanya digunakan untuk menunjukan bahwa pernyataan tersebut bersifat optional, boleh diisi boleh tidak. Maksimum jumlah pernyataan dalam fungsi And adalah 255.

Fungsi Or
Fungsi Or adalah fungsi yang akan bernilai benar jika terdapat salah satu saja atau semua pernyataan didalamnya benar, dan bernilai salah jika semua pernyataan didalamnya bernilai salah. Contoh :

fungsi orDari contoh diatas terlihat bahwa fungsi Or tidak mengharuskan semua pernyataan benar untuk menghasilkan nilai benar. Fungsi Or akan bernilai benar jika ada minimal satu saja pernyataan benar. Terlihat bahwa 10 adalah benar lebih besar dari 9, namun 2 adalah salah lebih besar dari 3. Fungsi Or akan bernilai salah jika semua pernyataan bernilai salah atau tidak ada satupun yang benar.

fungsi or 2Dari contoh diatas terlihat bahwa kedua pernyataan dalam rumus bernilai salah, karena 10 tidak lebih besar dari 11, dan 2 juga tidak lebih besar dari 3, sehingga hasil dari rumus fungsi And bernilai salah.

(Visited 2,044 times, 1 visits today)