SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Fungsi INDIRECT adalah fungsi yang digunakan untuk mengembalikan referensi yang ditentukan oleh string teks . Referensi segera dievaluasi untuk menampilkan isinya . Gunakan fungsi INDIRECT ketika Anda ingin mengubah referensi sel dalam formula tanpa mengubah formula itu sendiri. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut :

  1. Buatlah tabel seperti gambar dibawah ini :
    Indirect1
  2. Kemudian berilah nama pada masing-masing Range Yaitu :
    indirect2
  3. Lalu Nama Range tersebut akan kita gunakan untuk menampilkan informasi melalui List pada Data Validation. Contoh : Kita akan membuat 2 List Data Validation, List Jenis Film dan List Nama Film, Saat kita memilih List Jenis yang berisi Action maka secara otomatis Nama Film pada List Nama Film akan muncul sesuai dengan jenis filmmnya
    – Pada Cell F2 Isi dengan Jenis Film
    – Pada Cell F3 Isi dengan Nama Film
    indirect3
  4. Klik cell G2, lalu klik Tab Data-Data Validation, akan tampil jendela Data Validation. Pada Opsi Allow pilih List dan pada Source Ketik =Jenis. Seperti gambar dibawah ini :
    indirect5
  5. Klik cell G3, lalu klik Tab Data-Data Validation, akan tampil jendela Data Validation. Pada Opsi Allow pilih List dan pada Source Ketik =INDIRECT($G$2). Seperti gambar dibawah ini :
    indirect6
  6. Selesai, cobalah pilih jenis film kemudian dilanjutkan memilih Nama Film.

Download Contoh Penggunaan Fungsi INDIRECT dengan List Data Validation

(Visited 351 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Penggunaan Fungsi INDIRECT EXCEL

Comments are closed.