SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Tujuan

Langkah-langkah

Buatlah Tabel Transaksi seperti tampak pada gambar di bawah ini pada sheet1

modul praktikum excel vlookupBuatlah Tabel Barang dan Tabel Tipe Barang di Sheet2 seperti gambar dibawah ini :

modul praktikum excel vlookup2Ketentuan Pengerjaan Tabel Transaksi

  1. Nama Barang, Harga Satuan di isi berdasarkan table barang yang ada di sheet 2 berdasarkan kode barang yang ada di tabel transaksi sheet1
  2. Type Barang di isi berdasarkan table tipe barang yang ada di sheet2 berdasarkan tipe barang yang di ambil dari kode barang pada tabel transaksi.
  3. Tanggal jatuh tempo didapat dari 7 hari dari tanggal pemesananan barang
  4. Discount diberikan 10% dari jumlah barang x harga satuan, jika tanggal bayar lebih awal dari tanggal jatuh tempo
  5. Denda diberikan 2% dari jumlah barang x harga satuan, jika tanggal bayar melebihi tanggal jatuh tempo
  6. Total bayar diisi dengan jumlah barang x harga satuan-discount+denda.

Penyelesaian

Beri nama range terlebih dahulu pada tabel barang dan tipe barang (cara memberi nama range). Tabel Barang di beri nama barang1, dan tabel tipe barang diberi nama barang2.

modul praktikum excel vlookup3Kembali ke sheet1 pada tabel transaksi nama barang di dapat dengan rumus :

=VLOOKUP(LEFT(B5;1);barang1;2)

Dari rumus diatas terlihat bahwa diperlukan kombinasi 2 fungsi yaitu fungsi left dan fungsi vlookup. Fungsi left digunakan untuk mendapatkan 1 karakter di sebelahh kiri dari kode barang di tabel transaksi. Hal ini dilakukan karena kode barang di tabel transaksi terdiri dari 2 karakter sedangkan kode barang di tabel barang, kode barangnya terdiri dari 1 karakter. Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mengambil data nama barang dengan nomor kolom 2  di tabel barang berdasarkan kode barang di tabel transaksi.

Untuk mencari harga satuan lakukan hal yang sama seperti nama barang, namun pada fungsi VLOOKUP mengambil data pada kolom ke tiga pada tabel barang.

=VLOOKUP(LEFT(B5;1);barang1;2)

Untuk mencari tipe barang gunakan fungsi  RIGHT dan fungsi VLOOKUP.  Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil kode tipe barang yang terdapat pada kode barang berdasarkan pada kode barang yang ada di tabel transaksi.

=VLOOKUP(VALUE(RIGHT(B5;1));barang2;2)

Pada rumus diatas terdapat kombinasi tiga fungsi, Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil satu karakter di sebelah kanan kode barang pada tabel transaksi. Fungsi VALUE digunakan untuk mengubah data text menjadi number yang didapat dari fungsi RIGHT. Fungsi vlookup digunakan untuk mengambil data harga satuan pada tabel barang dengan pilihan nomor kolom 3.

=VLOOKUP(LEFT(B5;1);barang1;3)

Tanggal jatuh tempo didapat dari tanggal pesan ditambah dengan 7.

=G5+7

modul praktikum excel vlookup4Untuk rumus discount, denda dan total bayar dapat anda lihat lengkap di file excel dibawah ini :

Download Modul Praktikum xlsx

(Visited 320 times, 1 visits today)