SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Secara garis besar akar pangkat adalah hasil bilangan yang jika dikalikan dengan jumlah pangkat itu sendiri, misalnya 9 adalah akar pangkat 2 dari 3 sehingga hasilnya adalah 3 (3 x 3 =9). Contoh tersebut adalah salah satu contoh akar kuadrat dari bilangan tertentu. Di Microsof Excel disediakan fungsi yang dapat di gunakan untuk mencari akar pangkat dua (akar kuadrat) yaitu fungsi SQRT, perhatikan contoh berikut : SQRTTerlihat dari contoh tersebut hasil dari SQRT bilangan 9 adalah 3. Fungsi SQRT hanya bisa digunakan untuk mencari akar pangkat 2 (akar kuadrat) dari sebuah bilangan, namun tidak dapat digunakan untuk mencari akar pangkat 3, 4, 5 dst. Untuk mengatasi hal tersebut kita gunakan rumus seperti contoh dibawah ini :

akar pangkat bilangan excelPada tabel diatas dibuat otomatis menghasilkan akar pangkat dari bilangan yang di inputkan dalam cell A2 (Bilangan) berdasarkan cell B2 (Bilangan Akar). Pada contoh diatas akar pangkat 3 dari 27 adalah 3, coba anda buat tabel seperti gambar diatas dan masukan rumus =ABS(A2)^(1/B2) pada cell C3. Gantilah Bilangan dengan Bilangan akar sesuai keinginan anda dan lihat hasilnya, misal pada bilangan masukan 8 dan pada bilangan akar masukan 3 hasilnya adalah 2 karena akar pangkat 3 dari 8 adalah 2.

Pengertian rumus =ABS(A2)^(1/B2):

Fungsi ABS adalah fungsi absolut untuk sebuah bilangan sehingga bilangan tersebut tidak menjadi negatif. Lambang ^ adalah lambang pangkat dari sebuah bilangan dari operator matematika di excel, dan 1/B2 adalah kebalikan dari perkalian pangkat menjadi akar pangkat. Contoh 4^2=16 mempunnyi akar 4=16^1/2.

(Visited 1,777 times, 1 visits today)