SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Semua pasti pernah mengalami kegagalan saat akan menunduh aplikasi yang ada di Play Store, kegagalan tersebut pada umumnya adalah karena masalah pada memori penyimpanan yang tidak memadai. Sehingga unduhan aplikasi Play Store pun gagal. Hal tersebut dipengaruhi oleh :

  1. Aplikasi yang terinstall di Android anda mempunyai menggunakan memori cache yang besar dan terus bertambah seiring waktu penggunaan, sehingga mengurangi memori sistem yang dibutuhkan
  2. Sistem Android memiliki minimal memori yang harus di sisakan untuk syarat menginstall Aplikasi
  3. Banyak file-file sampah di Android juga mengurangi memori penyimpanan.

Screenshot_2015-01-15-11-55-35Solusi Pertama.

Jika anda tidak ingin repot-repot melakukan pembersihan memori di Android, langkah yang paling mudah dilakukan adalah dengan mendownload saja file .apk untuk aplikasi yang akan di install melalui PC. Letakkan dalam memori Android, jalankan file tersebut. Namun jangan lupa untuk mengaktifkan sistem keamanan android yang memperbolehkan menginstall bukan dari Play Store.

Solusi Kedua

Bersihkan memori cache pada semua aplikasi, itu dapat dilakukan melalui menu pengaturan (setting) – manajer aplikasi (aplikasi). Hapus beberapa aplikasi yang menurut anda tidak terlalu penting. Kemudian coba kembali download dan install aplikasi yang anda inginkan melalui Play Store

Solusi Ketiga

Jika anda kekurangan memori, anda dapat menambahkan dengan memori external, dan memindahkan semua aplikasi atau sebagian dari memori internal ke memori external. Untuk versi android terbaru dan Jelly Bean sudah memiliki fasilitas pindahkan aplikasi ke SD Card. Jika pada Android anda tidak ada menu tersebut, gunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Move To SD dan Super User.

 

(Visited 471 times, 3 visits today)