SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung, hampir semua sekolah yang mempunyai e-mail aktif dikirimkan pemberitahuan melalui e-mail disdikkotabandarlampung@gmail.com yang mengatas namakan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung. Sudah sering kali E-Mail seperti ini masuk, dengan gaya dan informasi berbeda namun tujuannya tetap satu, yaitu menjaring infromasi no telephone atau handphone dengan niat penipuan.

junk e-mail

Yang perlu diperhatikan pihak sekolah jika menerima E-Mail seperti ini adalah :

Konfirmasi dahulu dengan Dinas Pendidikan terkait. Dan sebarkan informasi tersebut ke sekolah lainnya jika informasi tersebut benar atau salah.

Segala bentuk pendataan di tingkat sekolah sekarang sudah melalui sistem terintegrasi Dapodik, tidak lagi melalui e-mail atau berkas (dokumen).

Perhatikan dokumen yang dikirimkan ke e-mail, surat asli dan tidak asli terlihat jelas pada bagian pengetikan, nomor surat, tanda tangan dan cap.

Surat Palsu 2Jika pada pendataan tersebut memberikan ruang nomor telephone atau handphone guru, wali murid, orang tua siswa, dan sebagainya jelas itu adalah penipuan.

Modus penipuan melalui email seperti ini adalah mereka berusaha menjaring data nomor telephone dan handphone yang bisa dihubungi kemudian melakukan kontak dengan berbagai alasan dengan tujuan transfer dana atau pulsa.

(Visited 62 times, 1 visits today)