SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

internet_addictionSemakin berkembangnya teknologi komputer di tanah air semakin berkembang pula media internet dimana-mana. Hampir setiap kalangan sekarang sudah dapat menikmati layanan internet. Walaupun layanan tersebut belum maksimal, yang artinya layanan internet yang diberikan ISP (internet services provider) Indonesia masih kalah kecepatanya dibanding negara-negara di Asia. Sebagai contoh Korea dan Jepang menempati urutan teratas kecepatan internetnya diseluruh dunia. Terlepas dari itu jaringan internet memang sangat dibutuhkan saat ini, tetapi berhati-hati lah bagi anda pengguna internet karena internet mempunyai dampak negatif yang tidak kita sadari. Salah satu dampak negatif tersebut adalah kecanduan internet. Layaknya obat-obatan terlarang (drugs) internet juga bisa membuat seseorang kecanduan. Kecanduan internet disebabkan karena :

  1. Terbiasa mengisi waktu luang dengan internet
  2. Terbiasa bergaul dengan internet dalam kehidupan sehari-hari
  3. Banyak sesuatu yang menarik yang ditawarkan internet terhadap penggunanya, yang menyebabkan penggunanya merasa asyik berinteraksi dengan internet walaupun dalam jangka waktu yang lama.
  4. Munculnya situs jejaring sosial Facebook yang sudah mendunia, Facebook memberikan banyak fitur-fitur menarik didalamnya selain kita dapat berinteraksi dengan semua orang didunia.
  5. Muncul situs jejaring sosial pesaing Facebook yaitu twiter.
  6. Kebutuhan informasi dan pengetahuan yang dapat di akses dengan mudah dan cepat.

Beberapa hal tersebut diatas lah yang dapat membuat seseorang tidak bisa lepas dari kegiatan internet, walaupun satu hari saja. Saat seseorang berinteraksi dengan internet ia bisa melupakan siapa saja atau apa saja. Selain itu internet juga membuat pengeluaran keuangan bertambah besar, karena internet saat ini dapat di akses melalui HandPhone. Sebagai salah satu contoh saat ini di Amerika Serikat telah didirikan pusat rehabilitasi untuk orang-orang yang kecanduan internet. Jadi berhati-hati lah anda terhadap internet, pergunakan internet dengan sebaik-baiknya, dan jangan biasakan berinteraksi dengan internet.

(Visited 26 times, 1 visits today)

6 thoughts on “Hati-hati Kecanduan Internet

  1. Jangan sering 2 buka situs yang aneh aneh nanti bisa kecanduan lho……….??????????

  2. Jangan sering 2 buka situs yang aneh aneh nanti bisa kecanduan lho……….??????????

Comments are closed.