SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Lenovo A889 adalah smartphone yang terbit penjualannya di khusus Malaysia, sehingga jika kita mencari sparepart smartphone yang satu ini di Indonesia sangatlah sulit. Bahkan sampai tulisan ini dibuat sparepart yang anda baru Touchscreen-nya saja, wajar saja karena smartphone ini tidak ada dipasaran Indonesia. Biasanya smartphone ini dibawa oleh TKI Indonesia yang pulang dari Malaysia, atau orang Indonesia yang membelinya di daerah Batam. Beberapa hari yang lalu kami mendapatkan Smartphone ini untuk di Services dengan kondisi LCD dan Touchscreen pecah, solusi untuk mengganti sparepartnya adalah menggunakan Smartphone Lenovo yang sejenis dengannya tetapi berbeda versinya, akhirnya kami temukan Lenovo A880. Sparepart Lenovo A880 tidak terlalu sulit mencarinya, jika tidak ada di toko sparepart daerah anda cari di Internet, pada toko-toko atau website yang terpercaya (baca Tips Aman Berbelanja di Internet). Kebetulan kami menemukan sparepart tersebut di Website Bukalapak.com dengan toko berada di Jakarta Selatan, dalam waktu 2 hari barang yang dipesan sampai tujuan. Dan benar saja sparepart Lenovo A880 cocok dengan Lenovo A889, dan akhirnya solusi terpecahkan. Berikut cara mengganti LCD + Touchscreen Lenovo A889 :

  1. Buka cassing belakang penutup Baterai
  2. Lepaskan baterai
  3. Lepaskan semua Baut yang menempel pada cassing dengan menggunakan obeng.
  4. Buka cassing belakang secara perlahan menggunakan Clip.
  5. Setelah cassing belakang terbuka, lepaskan connector LCD (disamping) dan connector Touchscreen (diatas).
  6. Lepaskan touchscreen secara perlahan menggunakan clip (jika sulit gunakan blower untuk mencairkan perekat agar tidak lengket, namun jangan terlalu lama menggunakan blower, dan gunakan suhu yang sesuai).
  7. Setelah touchscreen terlepas, sekarang giliran lcd lepaskan perlahan karena lcd juga menempel pada rangka Lenovo A889.
  8. Kemudian setelah LCD + Touchscreen terlepas, pasang double tape yang tipis ke seluruh pinggir dan tengah bagian belakang LCD. Pasang LCD secara perlahan dan tepatkan posisinya. Sambungkan connector LCD, lalu test hidupkan Lenovo A889. Jika berhasil hidup LCD normal lepaskan kembali baterai agar Lenovo A889 kembali dalam posisi OFF.
  9. Tempelkan Double Tape tipis ke seluruh pinggir sisi touchscreen yang baru (ingat jangan sampai double tape menutupi kabel connector toucscreen. Lepaskan plastik pelindung LCD yang telah kita pasang sebelumnya, dan pasang touchscreen dengan posisi yang benar, sambungkan connectornya.
  10. Pasang baterai, dan test hidupkan Lenovo A889.

Lenovo A889

*Catatan :

Jika anda membeli sparepart usahakan di coba terlebih dahulu di tempat, namun jika sparepart anda memesan di Internet usahakan segel jangan terbuka sampai anda test berhasil. Karena jika ternyata sparepart tidak bagus dapat kita kembalikan ke penjual asalkan segel tidak terlepas.

 

(Visited 257 times, 1 visits today)

1 thought on “Ganti LCD + TouchScreen Lenovo A889

Comments are closed.