SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang penggunaan Conditional Formatting untuk menemukan data yang sama (Duplicates Value) dalam suatu range, kali ini kita akan membahas bagaimana menggunakan Icon dalam Conditional Formatting Microsoft Excel. Sebagai contoh dalam tabel berikut akan ditampilkan nilai masing-masing siswa.icon set excelSeleksi (blok) range C1:C6, pada menu Tab Home klik Conditional Formatting, Icon Sets, pilih icon yang anda ingin kan, dalam hal ini saya memilih icon seperti gambar dibawah ini :

Icon Set ExcelDan hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini.

icon set result default excelHasil diatas adalah hasil default dari icon sets Excel, kita dapat mengubah aturannya (rule) dengan cara pada menu Tab Home, klik Conditional Formatting, pilih menu Manage Rules. Akan tampil jendela Conditional Formatting Rules Manager.

conditional formatting rules managerKlik Rule Icon Set yang telah kita buat tadi, kemudian klik tombol Edit Rule. Akan tampil jendela Edit Formatting Rule.

edit formatting ruleSecara default Excel akan mengatur Icon Sets berdasarkan nilai percent, hal tersebut dapat kita ubah sesuai dengan keinginan. Sebagai contoh, untuk icon yang pertama akan diberikan pada Nilai yang lebih dari atau sama dengan 75, icon kedua untuk nilai lebih kecil dari 75 dan lebih besar atau sama dengan 60 dan icon yang ketiga untuk nilai dibawah 60.

result icon set excel[gview file=”https://smppgrisatubdl.com/wp-content/uploads/2015/10/Icon-Set-Excel.xlsx”]

 

(Visited 705 times, 1 visits today)