SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Jika sedang mengerjakan skripsi, makalah atau sejenisnya yang membutuhkan Daftar Isi dan anda susah untuk membuatnya menggunakan Table Of Content, ada cara mudah membuat daftar isi dengan menggunakan Ruler Microsoft Word 2003/2007. Jangan sembarang membuat daftar isi karena nomor halaman anda akan tidak sejajar lurus. Langkah-langkah membuat daftar isi dengan menggunakan Ruler adalah sebagai berikut :

  1. Ketik dahulu judul daftar isi seperti gambar dibawah ini :
  2. Kemudian ketik isi daftar isi anda yang pertama, dalam contoh ini saya membuat “Bab I Pendahuluan”, beri spasi setelah penulisan.
  3. Klik pada ruler bagian atas yang jaraknya dekat dengan batas tepi kertas (margin), akan tampil garis persegi hitam (garis tab).

  4. Klik dua kali pada garis tab tersebut, maka akan tampil jendela Tabs. Dan pada opsi leader pilih opsi 2 seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian Klik OK.
  5. Kembali ke tulisan “Bab I Pendahuluan”, tekan tombol tab pada keyboard 1 kali maka tanda titik-titik daftar isi otomatis keluar, tambahkan nomor halaman anda.
  6. Jika daftar isi selanjutnya bukanlah sub daftar isi anda cukupnya menekan tombol tab setelah menuliskan daftar isi. Namun jika setelah daftar isi pertama ada sub daftar isi maka kita akan membuat sub daftar isi tersebut agak menjorok kedalam. Contoh :
    • Klik Ruler agak kedalam sedikit.
    • ┬áTekan Tombol tab untuk memulai menuliskan sub daftar isi anda.

    • Tekan tombol tab untuk membuat tanda titik-titik setelah menuliskan sub daftar isi

Baca juga Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Dengan Mudah Di Microsoft Word 2007

(Visited 49 times, 1 visits today)

3 thoughts on “Cara Membuat Daftar Isi Dengan Ruler Microsoft Word 2003/2007

  1. wah gak salah masuk blog ini, terimakasih buat smp pgri 1, infonya sangat bermanfaat saya jadi ada gambaran sedikitnya membuat daftarisi yang baik, tapi min mau nanya.. untuk pengaturan seperti itu beda ya setiap pengaturan daftar isi pada setiap word 2003 2007 2010 2013 dan hingga saat ini…?? tks min

Comments are closed.