SPAGITU

SMP PGRI 1 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana cara, dan menggunakan alat apa saja agar kita dapat terhubung dengan internet ? Kali ini admin akan membagikan sedikit pengetahuan bagaimana Internet bisa terhubung kerumah, kantor, atau sekolah. Dan alat untuk menghubungkan ke internet, serta penyedia jasa layanan internetnya.

Gak pernah terpikirkan oleh kamu sebelumnya kan bagaimana sih Internet itu bisa sampai kerumahmu dan dinikmati kapan saja ? Internet bisa terhubung kesetiap rumah-rumah itu membutuhkan proses dan beberapa macam alat yang di lewati. Apalagi saat ini jaringan internet dengan fiber optic telah menjangkau daerah-daerah pelosok, walaupun belum semua terjamah oleh internet fiber optic ini.

Proses terhubungnya internet ke rumah, kantor, atau tempat-tempat lainnya.

Proses Terhubungnya Internet

  1. Internet disediakan oleh penyedia jasa layanan internet, contoh penyedia jasa layanan internet di Indonesia adalah Indihome, Nusanet, PGN dan lain-lain
  2. Internet dari penyedia jasa layanan internet (ISP) selanjutnya disalurkan kerumah dan diterima oleh alat yang bernama MODEM atau ROUTER.
  3. Selanjutnya ROUTER atau Modem ini lah yang mendistribusikan layanan internet tersebut di lingkungan sekitarnya.
  4. Selain Router atau Modem, alat untuk menghubungkan ke internet juga biasanya menggunakan Switch, Hub, Repeater.

    Secara teknis penghubung jaringan internet itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan Wireless (Tanpa Kabel) dan jaringan Wired (Menggunakan Kabel).
(Visited 286 times, 1 visits today)